Politik    Sosial    Budaya    Ekonomi    Wisata    Hiburan    Sepakbola    Kuliner    Film   
Home » » Belajar Bahasa Sunda Itu Mudah

Belajar Bahasa Sunda Itu Mudah

Posted by paguyuban urang ciamis on Thursday, May 3, 2012

Siapa mau pasti bisa artinya ketika ada kemauan atau keinginan dilakukan dengan niatan pasti akan bisa dan mudah didapatkan. Kata siapa belajar bahasa sunda itu sulit? Katakanlah sejujurnya apabila ingin belajar sungguh-sungguh semuanya akan lancar-lancar saja. Nah, kalau ingin belajar bahasa tersebut mendingan terjun langsung ke daerah yang mayoritas berbahasa sunda atau berkenalan dengan orang sunda karena itu akan memudahkan kita. Pengalaman saya dulu kalau nelpon teman sering menyelipkan bahasa sunda itu sampai satu kata atau beberapa kata, ya barangkali karena saya orang sunda agak ceplas ceplos kesundaannya artinya selalu bercampur aduk dalam berbicara. Kemudian suatu hari bertanya kepada teman saya tersebut “siapa yang mengajari kamu bahasa sunda” dia menjawab “bukannya kamu kang setiap menelpon suka ada bahasa sundanya” saya terkejut sambil tertawa, kok bisa ya?. Tak disangka teman saya itu suka buka kamus sunda juga setelah telponan sama saya.

Memang agak lucu kedengarannya memakai bahasa Indonesia dicampur bahasa sunda, misalkan begini “Kamu teh asal mana” maksudnya “Kamu berasal dari mana” atau “ Yang baju merah kadie atuh” maksudnya” Yang baju merah kesini sajalah”. Memang agak merusak kedua bahasa tapi itu akan membantu sekali untuk orang yang lagi belajar.

Contoh kalimat bahasa Indonesia Sunda di bawah ini:
Saya mencintaimu = Abdy bogoh ka maneh
Itu bayi siapa yang nangis = Eta orok saha nu ceurik
Ini harga baju berapa = Ieu harga acuk sabaraha
Mau apa kesini kamu = Bade naon kadie maneh
Anak siapa yang ganteng = Murangkalih saha nu kasep
Bisa kenalan nggak = Tiasa wanoh teu

Tidak susah kok belajar bahasa sunda karena dari pengucapannya pun tidak sesusah bahasa jawa yang agak rumit tapi keduanya mempunyai kosakata yang kaya. Di zaman serba modern ini banyak cara untuk belajar dan mendapatkan keinginan agar mudah tercapai, coba saja pembaca belajar sunda lewat teman chating (YM) atau teman facebook karena disitu juga bisa menambahkan pembendaharaan kata yang lumayan bagus. Saya sendiri masih belajar bahasa sunda karena masih banyak yang belum dimengerti dari kosakata yang halus/tidak kasar.

Kalau mau belajar sunda bisa masuk forum detik atau di sundablog pasti akan cepat bisa yang pasti tidak boleh ada kata menyerah. Siap-siap saja barangkali bahasa sunda akan menjadi bahasa kelima dunia..he..he..he kesepuluh juga belum tentu, tapi menurut saya lebih baik tahu daripada nggak. Selamat mencoba dan selamat belajar.
sumber:http://pasundanboleh.wordpress.com

SHARE :
CB Blogger

Post a Comment

 
Copyright © 2014 paguyuban urang ciamis. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger